-->

Manfaat Buah Pepaya: Apa Hebatnya Bagi Kesehatan Manusia?

manfaat buah pepaya

Buahneka - Apakah anda penasaran dengan judul artikel di atas?. Mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya membuat judul yang seakan-akan meremehkan manfaat buah pepaya. Penilaian mengenai buah pepaya dan manfaatnya untuk kesehatan bisa anda putuskan setelah anda membaca artikel ini sampai tuntas.

Siapa sangka buah yang sering anda jumpai di pekarangan rumah ternyata memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Buah lokal ini memiliki rasa yang manis dan disukai oleh anak-anak hingga dewasa.

Baca Juga: Manfaat Bah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Tetapi tahukah anda bahwa ada manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari buah pepaya diantarannya:

1. Pepaya merupakan sumber vitamin C.

2. Mempercepat penyembuhan luka.

3. Pencegah asma: Orang-orang yang terbiasa memiliki asupan kaya akan nutrisi, mampu menurunkan resiko terkena penyakit asma. Salah satu nutrisi penting itu adalaah beta-karoten yang bisa ditemukan pada pepaya, melon, labu, brokoli, aprikot dan juga wortel.

4. Anti kanker: Beta-karoten adalah salah satu antioksidan dalam pepaya yang terbukti memiliki efek berlawanan dengan perkembangan sel kanker.

5. Menjaga kesehatan tulang: Vitamin k dalam buah pepaya berfungsi sebagai pembentuk tulang dan penyerapan kalsium jadi lebih optimal.

6. Membantu pencernaan: Pepaya juga baik untuk anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti : sembelit, diare, gastritis dan lain-lain.

7. Buah pepaya kaya akan serat dan air: Serat dan air adalah penting untuk menjaga pencernaan kita tetap sehat dan lancar.

8. Mencegah penyakit jantung: Kandungan dalam pepaya seperti vitamin, kalium, dan serat merupakan penangkal resiko penyakit jantung. Meningkatkan jumlah kalium mampu memperkecil resiko penyakit kardiovaskular.

9. Untuk menurunkan berat badan: Pepaya mengandung hampir sebagian besar kandungannya adalah serat, asam folat vitamin A dan C namun justru rendah kalori. Karena kalorinya rendah membuat sebagian besar orang melakukan diet dengan pepaya.

10. Cocok untuk penderita diabetes: Meskipun  pepaya rasanya manis akan tetapi memiliki kadar gula yang lebih rendah dibanding mangga. Sehingga buah pepaya memang baik untuk penderita diabetes, selain itu juga mudah dicerna oleh tubuh.

Manfaat daun pepaya

Bagaimana masih kurang manfaat dari buah pepaya, mari kita bahas selanjutnya yakni mengenai manfaat dari daun pepaya. Daunnya sendiri mengandung senyawa penyembuh yang kuat dan tidak kalah pentingnya untuk kesehatan kita.

Berikut peranannya untuk kesehatan yakni:

  • Anti kanker: Getah daun pepaya mengandung acetogenin  dimana berkhasiat mencegah dan membunuh sel-sel kanker.
Banyak studi telah dilakukan dijepang yang menunjukkan daun pepaya sangat efektif dalam menyembuhkan kanker. Hasil temuan tersebut diperkuat lagi dengan adanya temuan seseorang dapat sembuh dari kanker dengan hanya minum teh yang terbuat dari daun pepaya.

manfaat daun pepaya


University of Florida juga melakukan uji coba dengan daun pepaya dan  ternyata mengandung zat yang mampu membunuh  sel-sel kanker seperti kanker rahim,prostat,hati payudara dan paru-paru. Teh dari daun pepaya memberikan efek yang lebih optimal sekaligus tanpa ada efek samping.
  • Mencegah katarak: Vitamin A dalam buah pepaya menjaga kesehatan mata.
  • Demam berdarah: Penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya mampu meningkatkan trombosit yang biasanya baik untuk meredakan demam berdarah, kemoterapi dan kekurangan vitamin.
  • Mencegah emfisema: vitamin D dalam daun berkhasiat mencegah penyakit emfisema ( penyakit paru kronis dengan sebab utama adalah merokok)
  • Meningkatkan nafsu makan: Daun pepaya sejak dulu dikenal untuk meningkatkan nafsu makan, khususnya untuk anak-anak.
  • Sebagai pereda nyeri saat haid: Nyeri terkadang muncul ketika haid, namun bisa anda coba mengatasinya dengan merebus 6 lembar daun pepaya selama 15 menit dalam 1 liter air. Minumlah setelah dingin sebanyak 3 kali sehari.
  • Mengurangi peradangan pada lambung: Daun pepaya mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh bakteri H.pylori.
  • Mengatasi gangguan pencernaan: Kandungan karpain dalam daun pepaya dapat membasmi bakteri pemicu sakit perut.
  • Memecah gluten gandum: Daun pepaya memiliki kemampuan dalam memecah gluten ( kandungan protein yang terdapat dalam tepung) agar mudah dicerna dalam tubuh.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun pepaya meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit berbahaya seperti : kardiovaskular, stroke, dan kanker.

Manfaat tersembunyi biji dan bunga pepaya

Pernahkah anda makan biji pepaya sebelumnya?. Biji merupakan bagian buah yang paling sering kita tinggalkan dan berakhir di tempat sampah. Bagaimana dengan bunga pepaya? Bagaimana bisa bunga pepaya memberikan manfaat?.

Tetapi perlu anda ingat manfaat biji pepaya sangat baik untuk kita begitupun dengan manfaat dari bunga pepaya. Tidak percaya? Baiklah berikut ini khasiatnya:


  • Membersihkan parasit dalam tubuh: Biji pepaya telah terbukti mengandung alkaloid yang efektif membasmi cacing parasait dan amuba.
  • Mengobati sirois hati: Merupakan penyakit yang timbul akibat banyak minum minuman beralkohol dalam waktu yang lama. Mengakibatkan organ hati menjadi kecil (menyusut) dan keras, sehingga proses menghilangkan racun dalam tubuh sudah tidak berfungsi lagi.
  • Mengobati keracunan karena makanan: Biji pepaya memiliki efek anti bakteri dan inflamasi pada pencernaan kita. Ekstrak biji pepaya mampu membunuh bakteri E.coli, salmonella, staph dan bakteri berbahaya lainnya.
  • Bunga pepaya menangkal radikal bebas: Kandungan tanin,flavanoid dan anti oksidan pada bunga pepaya membantu menangkal radikal bebas.
  • Memperlancar metabolisme: Zat tanin dalam bunga pepaya menyeimbangkan metabolisme tubuh.
  • Baik untuk pasien jantung: Bunga pepaya sangat dianjurkan bagi penderita jantung karena dapat memperlancar aliran darah.
  • Bunga pepaya juga dapat Meningkatkan nafsu makan.
# Peringatan wanita hamil dilarang makan biji pepaya klik to tweet
Pepaya apakah aman dimakan untuk ibu hamil?

Ya, pepaya matang baik untuk dimakan ibu hamil namun harus dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Manfaat pepaya selama hamil antara lain:

  • Mengatasi morning sicknes.
  • Sumber asam folat dan serat.
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah kanker usus.
  • Kaya akan vitamin E.
  • Mencegah sembelit dan mulas.

Namun peringatan untuk ibu hamil untuk tidak makan pepaya muda,dan makan buah pepaya secara berlebihan, bukannya bermanfaat malah beresiko bagi kehamilan. Resiko yang bisa ditimbulkan diantaranya :


  • Meyebabkan pendarahan dan edema. Pepaya muda dapat menjadi penyebab pendarahan pada plasenta dan mempengaruhi perkembangan embrio di dalam rahim.
  • Menyebabkan keguguran dan menghambat pertumbuhan janin. Pepaya memiliki 2 enzim yakni papain dan chymopapain. Papain bersifat abortifacient yakni menyebabkan aborsi (keguguran) sedang chymopapain bersifat teratogenik yakni mempengaruhi pertumbuhan janin.
  • Mempengaruhi warna kulit. Pepaya kaya akan beta-karoten (warna oranye),memakannya terlalu banyak menyebabkan karotenemia.
  • Mempengaruhi tingkat gula darah. Pepaya kurang baik bagi ibu hamil yang menderita diabetes gestasional.
  • Penyebab batu ginjal dan tekanan pada perut saat hamil. Kelebihan pepaya berarti vitamin C berlimpah sehingga termetabolisme dan membentuk oksalat yang menyebabkan  penumpukan batu ginjal. Selanjutnya batu ginjal mengakibatkan tekanan pada perut, sehingga membahayakan selama hamil.
  • Menyebabkan kesulitan bernafas. Orang yang makan terlalu banyak pepaya mengalami gangguan pernafasan. Sulit bernafas berarti pasokan oksigen ke janin berkurang dan itu bukanlah hal yang baik.


Bagaimana sekarang penilaian anda tentang buah pepaya?. Jawabannya pasti bisa anda temukan karena anda telah membacanya sampai dengan paragraf ini.

Saya harap artikel manfaat buah pepaya ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan anda tentang buah daun dan biji pepaya yang dapat di makan. Pada halaman selanjutnya anda akan melihat bagaimana pepaya berupaya meningkatkan penampilan dan kecantikan anda secara alami. Atau bila ketinggalan dengan fakta nutrisi buah pepaya silahkan ke halaman sebelumnya. Terima kasih dan jangan lupa bantu share ya


EmoticonEmoticon