-->

Manfaat Buah-Daun-Biji Alpukat: Untuk Ibu Hamil Dan Anti Kolesterol

Manfaat alpukat

Buahneka - Buah ini secara alami sarat akan gizi yang tinggi dan selain enak dimakan alpukat juga berfungsi sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan. Manfaat alpukat tidak hanya pada buah tetapi  juga terdapat pada daun dan biji alpukat. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral sehingga buah alpukat cocok diberikan untuk bayi.

Menikmati buah alpukat bisa dengan di buat jus alpukat atau dengan memakannya secara langsung. Kandungan kalori yang tinggi sehingga oleh para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak memakannya secara berlebihan, khususnya anda yang sedang melakukan diet.

Baca Juga: Manfaat buah Salak

Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai khasiat dari buah alpukat dan pengaruhnya bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat buah alpukat


Buah alpukat mampu untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan libido (gairah seks), serta untuk memperlancar haid. Bahkan manfaat minyak yang berasal dari ekstrak buah alpukat dapat untuk mengobati penyakit ostheoarthritis.

Kenapa bisa menurunkan kolesterol? 

Kandungan serat di dalam alpukat mampu untuk menurunkan kolesterol jahat/LDL (Low-density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol baik/HDL (High-density lipoprotein). Senyawa kimia di dalamnya juga dapat memperbaiki kerusakan pada tulang rawan akibat ostheoarthritis.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil


Saat hamil kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup demi menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu caranya adalah dengan buah alpukat. Manfaat dari buah alpukat memiliki andil besar untuk ibu hamil agar tetap sehat. Karena itu disarankan untuk makan buah alpukat ketika hamil dan menyusui.

Manfaat buah alpukat selama hamil diantaranya:


1. Sumber asam folat: bayi membutuhkan asam folat untuk perkembangan organ tubuh. Kekurangan asam folat akan menyebabkan cacat saat lahir. Selain itu asam folat dapat membantu mencegah depresi, insomnia (susah tidur) dan pre eklamsia.

2. Kaya akan kalsium: Ketika hamil kebutuhan kalsium meningkat dua kali lipat dari biasanya. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium dapat di penuhi dengan makan alpukat.

3. Vitamin yang lengkap  : vitamin seperti C, E, K, B1, B 2 dan B6 semuanya penting dalam menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Vitamin B6 juga membantu mengatasi morning sickness.

4. Mencegah kurang darah (anemia) : alpukat kaya akan zat besi yang penting dalam kehamilan.

5. Melancarkan pencernaan : Selama hamil sembelit seringkali muncul. Tubuh butuh serat untuk melancarkan pencernaan dan buah alpukat mengandung serat yang tinggi.

6. Mengandung lemak yang membantu perkembangan struktur saraf otak bayi anda.

7. Meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi.

8. Kaya akan mineral seperti : kalsium, fosfor, besi dan niacin yang penting bagi ibu hamil.

9. Meningkatkan kecerdasan otak bayi dan perkembangan saraf. Satu gelas alpukat mengandung kolin sebanyak 22 mg sebagai nutrisi otak.

10. Meredakan kram kaki : kandungan potasium membantu mengatasi kram yang umum terjadi saat hamil.

Manfaat daun alpukat

manfaat daun alpukat


Daun alpukat di beberapa daerah sering digunakan sebagai bumbu dapur. Akan tetapi tahukah anda bahwa penggunannya tidak terbatas hanya sebagai bahan masakan. Manfaat dari daun alpukat juga diaplikasikan sebagai obat alami dari bermacam-macam penyakit.
Manfaatnya bagi kesehatan diantaranya adalah:
  1. Meningkatkan produksi ASI selama menyusui.  
  2. Mengobati pilek.
  3. Mengobati sakit perut.
  4. Pembersih ginjal.
  5. Antibiotik.
  6. Mengeluarkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi).
  7. Diuretik.
  8. Baik untuk penyakit asam urat.
  9. Anti inflamasi (peradangan).
  10. Mengatasi sakit punggung.
  11. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  12. Baik untuk diare.
  13. Sakit gigi
  14. Mengatasi  nyeri saat haid.
  15. Menyembuhkan luka pada mulut dan gusi. Haluskan dan tempelkan pada daerah yang luka.
  16. Mengobati varises:
  • Haluskan daun alpukat
  • Rendam dalam botol dengan larutan alkohol.
  • Biarkan selama 5 hari dan diletakkan pada tempat yang gelap.
  • Gunakan untuk memijat verises.

    Manfaat biji alpukat

    Manfaat biji alpukat

    Pernahkah anda mendengar bahwa biji alpukat merupakan salah satu  bagian dari buah alpukat yang paling berkhasiat?

    Fakta menunjukkan bahwa 70% kandungan antioksidan dalam alpukat lebih banyak ditemukan dalam bijinya. Studi mengenai biji alpukat menyatakan bahwa senyawa fenolik juga terdapat di dalamnya.

    Bijinya seringkali kita buang namun banyak manfaat dari biji buah alpukat yang kita tidak tahu yakni untuk:
    • Menurunkan kolesterol.
    • Hipertensi (tekanan darah tinggi). 
    • Menyehatkan sistem pencernaan: dulu biji alpukat digunakan untuk mengobati penyakit disentri, lambung dan masalah pencernaan lainnya.
    • Mencegah Peradangan: merupakan awal dari berbagai penyakit kronis seperti : jantung, stroke, dan arthritis yang awalnya karena terjadi peradangan yang berlebih.
    • Mengatasi sel kanker: ekstrak biji alpukat mengandung flavonol yang merupakan antioksidan untuk menghambat pertumbuhan tumor.
    • Diabetes: biji alpukat dapat mengkontrol kadar gula dalam darah anda.
    • Meningkatkan kekebalan tubuh.
    • Memperbaiki sel kulit yang rusak : antioksidan berfungsi dalam pembentukan kolagen, dimana kolagen dapat memperbaiki kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas.


    Cacethin dan procyandins merupakan zat antioksidan sama dengan yang terdapat dalam teh hijau. Keduanya berfungsi sebagai anti-inflamasi, pereda rasa sakit, pembengkakan, menyehatkan jantung dan melancarkan sirkulasi darah.

    Demikianlah artikel mengenai manfaat buah alpukat mulai dari buah, daun dan bijinya. Ternyata baik untuk mencegah penyakit kronis dan juga  baik untuk di konsumsi selama masa kehamilan hingga menyusui.

    Apakah buah alpukat merupakan buah favorit anda di rumah? Tuliskan pengalaman anda mengenai manfaat buah alpukat di kolom komentar dan jangan lupa share bila artikel saya kali ini memberikan manfaat untuk teman anda.


    EmoticonEmoticon