-->

Manfaat Daun Sirsak Dan Buahnya: Pembasmi Kanker, Diabetes, Hipertensi.

Manfaat daun sirsak

Buahneka - Manfaat daun sirsak sejak dulu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak pengobatan herbal menganjurkan penggunaan buah dan daun untuk meredakan berbagai masalah kesehatan. Karena khasiat daun sirsak yang begitu besar, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk obat-obatan herbal.

Setiap bagian dari pohon sirsak dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Tidak hanya mampu menjaga kesehatan, namun juga membantu melawan parasit di dalam tubuh.

Sekarang ini daun sirsak telah dibuat ekstrak nya dan banyak dijual di apotek maupun secara online.

Daun sirsak


Daun sirsak  memiliki fungsi untuk kesehatan diantaranya :

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kegunaan dari daun sirsak bertujuan untuk menghambat laju pertumbuhan sel-sel  kanker. Tidak seperti kemoterapi selain dapat membunuh sel-sel kanker tetapi juga memiliki efek samping seperti mual,dan rambut rontok.

Daun sirsak mengandung bahan aktif yang 10.000 kali lebih kuat daripada kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Terbukti efektif dalam membasmi 12 jenis sel kanker, sehingga dapat mencegah kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas.

Cara Pengobatannya.

Cara menggunakannya adalah dengan cara merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas kemudian disaring lalu dinginkan sebentar. Minumlah selama 3 hingga 4 minggu untuk memperbaiki kondisi tubuh.

Khasiat air rebusan daun sirsak.

Manfaat rebusan daun sirsak selain sebagai pembunuh sel kanker,  juga bisa digunakan untuk tindakan preventif (pencegahan). Mengandung senyawa anti-kanker yang dinamakan annonaceous acetogenin, yang mampu membunuh sel-sel kanker tanpa harus merusak sel-sel sehat.

Apakah  kanker bisa disembuhkan dengan sirsak?

Beberapa pasien yang mengidap kanker menggunakan obat herbal untuk meringankan dan mengurangi kanker. Jadi bukan merupakan pengganti dari perawatan utama dalam menangani kanker.

Penggunaan obat herbal selama menjalani kemoterapi dapat mengurangi efektifitas kemoterapi, kemungkinan karena reaksi obat terhadap kemoterapi.

Penelitian telah mengidentifikasikan bahwa kandungan dalam buah dan daun sirsak memang memberikan perubahan terhadap sel kanker.

Efek dari meminum air rebusan daun sirsak perut akan terasa hangat, berkeringat, hampir mirip dengan efek kemoterapi. Perlu kita ketahui bahwa daun sirsak merupakan obat herbal yang efeknya dapat kita rasakan secara langsung. Perubahan akan mulai tampak bila rutin diminum selama kurang lebih 3 hingga 4 minggu.

2. Mengobati diabetes secara alami.

Daun sirsak dinilai mampu untuk mengurangi dan menstabilkan gula darah. Kadar gula dalam darah yang normal adalah sekitar 70 mg sampai 120 mg / dL . Studi mengenai fungsi daun sirsak bagi diabetes masih tergolong baru dan belum sepenuhnya teruji secara klinis.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan fungsi pankreas agar dapat menghasilkan insulin. Sehingga para ahli pun melaporkan bahwa daun sirsak bermanfaat bagi penderita diabetes.

3. Bermanfaat untuk penyakit asam urat.

Penyakit asam urat terjadi akibat kadar asam urat di dalam tubuh yang terlalu tinggi. Asam urat merupakan hasil metabolisme purin di dalam tubuh. Purin terbentuk  dari kerusakan sel-sel tubuh baik karena mekanisme normal maupun karena penyakit tertentu.

Dalam kondisi normal asam urat dikeluarkan oleh tubuh melalui air seni (urine) dan feses yang bertujuan menyeimbangkan kadar asam urat. Tetapi jika sudah terlalu tinggi membuat ginjal tidak mampu untuk memproses semua asam urat tersebut. Sehingga menumpuk pada sendi dan menyebabkan pembengkakan atau nyeri pada sendi.

Makanan apa saja yang mengandung banyak purin?
  • Segala jenis makanan laut : udang, cumi-cumi, kerang,kepiting, ikan sarden, ikan teri dll.
  • Makanan kaleng: kornet, sarden.
  • Olahan daging: dendeng, abon.
  • Daging plus jeroan seperti: Daging sapi, kambing, kuda,bebek.
  • Olahan Kacang, seperti: Tempe, tauco, susu kedelai, oncom.
  • Sayur-sayuran: bayam, kembang kol, jamur, kacang, daun singkong, daun pepaya, dan kale.
  • Es krim, keju, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah tertentu: kelapa, durian dan nanas.
  • Makanan yang digoreng (minyak dan mentega) dan bersantan.

Cara pengobatan

Ambil daun yang berwarna hijau tua lalu potong-potong sebelum direbus. Rebus daun dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Minum sebanyak dua kali tiap pagi dan sore.

Ada beberapa cara lainnya yakni:
  • Minum banyak air untuk membantu mengeluarkan purin di dalam tubuh.
  • Banyak makan karbohidrat kompleks seperti: nasi, roti, singkong, dan ubi jalar.
  • Kurangi konsumsi gula, permen, sirup dan makanan dengan kandungan purin tinggi.
  • Rajin berolah raga.
  • Minum jus buah seperti: strawberry, jambu biji, pepaya, mangga, jeruk, lemon, markisa, belimbing, sirsak, kiwi.
4. Penurun kolesterol.

Kolesterol muncul karena makanan yang kita makan banyak mengandung minyak seperti gorengan dan penggunaan minyak goreng bekas. Kolesterol merupakan awal dari munculnya penyakit berbahaya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa daun sirak bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

5. Meredakan penyakit darah tinggi (hipertensi).

Memiliki kandungan kalium tinggi (278 mg / 100 g) dan natrium (14 mg / 100 g), sehingga membuatnya bermanfaat bagi penderita hipertensi.

6. Mengobati nyeri punggung.
 
Nyeri punggung biasa dialami ketika kita berolah raga, dan daun sirsak dapat meredakan nyeri  tanpa efek samping.

Cara mengolah daun sirsak sebagai obat adalah dengan merebusnya sebanyak 20 lembar dengan 5 gelas air. Masak hingga tersisa 3 gelas saja. Minum ¾ gelas sehari sekali. Bisa juga dengan minum teh daun sirsak yang banyak dijual dan lebih praktis.

7. Mengobati eksim.

Daun sirsak dapat digunakan sebagai obat alami untuk penderita eksim. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa lembar daun sirsak lalu oleskan secara teratur pada daerah yang terkena eksim sebanyak dua kali sehari.

8. Mengurangi rasa sakit.

Mengandung sifat analgesik yakni mampu meredakan rasa sakit. Biasa digunakan untuk menutup luka dan efektif dalam penyembuhan luka.

9. Mengobati sariawan.

Bila anda sedang sariawan haluskan daun sirsak dengan dicampur sedikit air. Oleskan secara bertahap untuk mengurangi iritasi.

10. Mengobati demam.

Banyak orang menggunakan teh dari daun sirsak untuk menurunkan suhu tubuh dan juga mengobati demam khususnya untuk anak-anak.

BUAH SIRSAK

manfaat buah sirsak

 

Buah Sirsak  memiliki daging buah berwarna putih dengan rasa manis dan asam. Biasanya digunakan sebagai bahan minuman dan es krim. Manfaat dari buah sirsak dapat membantu mengatasi penyakit ginjal, masalah hati, infeksi saluran kemih (juga disebut sebagai uretritis) dan hematuria (atau darah dalam urin).

Bagian daging buah sirsak bisa untuk luka serta mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi. Seperti daunnya buah sirsak juga mengandung zat seperti: acetogenins, annanaceous yang dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel yang rusak sebelum berubah menjadi kanker.

Buah sirsak juga  sangat berguna melawan kanker payudara.Klik to tweet

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil


Apakah anda tahu bahwa manfaat kesehatan dari buah sirsak juga penting selama hamil. Memiliki kandungan nutrisi seperti: vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, karbohidrat, dan serat.

Buah sirsak bermanfaat untuk wanita hamil diantaranya adalah:

1. Mencegah terjadinya Komplikasi
Buah sirsak mengandung folat dimana ketika hamil membantu mencegah defisiensi. Kekurangan folat selama hamil dapat menyebabkan bayi cacat lahir dan keguguran. Hampir sebagian besar ibi hamil kurang asupan asam folat. Jumlah yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah 400 mikrogram (mcg) per hari.

2. Mengurangi resiko diabetes gestational
Terjadinya peningkatan gula darah yang tinggi selama kehamilan disebut diabetes gestational. Diabetes gestational  dapat meningkatkan resiko komplikasi pada ibu hamil dan bayi.

Resiko untuk ibu hamil seperti hipertensi kronis (preeclampsia), edema (pembengkakan), air ketuban yang berlebihan, makrosomia dan juga kelahiran prematur. Resiko untuk bayi adalah seperti penyakit kuning, gula darah rendah dan masalah pernapasan saat lahir. Bayi yang ibunya memiliki diabetes gestational cenderung mengalami obesitas.

1. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Buah sirsak memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor, yang dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Mengandung fruktosa, gula sederhana (monosachharide) dan merupakan sumber karbohidrat alami yang baik bagi tubuh. Sirsak juga meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi.

3. Bermanfaat untuk jantung dan mencegah kerusakan saraf.

Kandungan vitamin B1 dalam buah sirsak dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sirkulasi darah serta mencegah gangguan saraf. Sedangkan  vitamin B2 berfungsi memproduksi energi di dalam tubuh, menyimpan lemak, dan menjaga sistem saraf otot jantung.

4. Mengobati diare pada  anak dan wasir.

Buah sirsak efektif untuk pengobatan wasir. Sebagai bahan pengobatan cara pengolahannya adalah dengan memeras buah sirsak untuk diambil airnya setidaknya 1 gelas.

Minumlah dua kali sehari di waktu pagi dan juga sore hari. Untuk mengatasi diare pada anak, berikan 2-3 sendok makan.

5. Mengurangi sembelit.

Dengan menambahkan buah sirsak di dalam menu makanan kita, akan mempermudah keluarnya tinja tanpa harus mengejan terlalu lama. Serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk mempercepat proses pencernaan dan menghentikan sembelit.

6. Membantu bagi penderita insomnia (sulit tidur).

Buah sirsak mengandung  tryptophan yakni zat yang membantu kita untuk tidur dan relaksasi. karena itu sangat bermanfaat bagi penderita insomnia. Bahkan daun sirsak seringkali digunakan sebagai bahan aromaterapi dan teh herbal untuk tidur.

7. Mengobati infeksi saluran kemih.

Berkat kandungan kadar air yang tinggi, buah sirsak berkhasiat untuk mengobati serta mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK), uretritis dan hematuria.

8. Membunuh parasit dalam tubuh.

Sirsak kaya akan berbagai nutrisi penting terhadap seluruh tubuh. Nutrisi seperti asam amino, asam askorbat, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, thiamin, riboflavin dan serat mampu menurunkan perkembang biakan parasit di dalam tubuh.

9. Penangkal radikal bebas.

Asam askorbat yang terdapat di dalam buah sirsak meningkatkan jumlah antioksidan. Anti oksidan berfungsi di dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas, dan berbagai infeksi.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengandung zat seperti: acetogenins, anncatacin, annocatalin, annonacina, annohexocin, annomuricin, anomurine, anonol, asam gentistic, asam linoleat dan muricarpentocin.

Zat tersebut dapat membuat  tubuh kita tetap fit dan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit makin meningkat.

Efek samping daun sirsak

Meski buah sirsak memiliki sejumlah manfaat dalam kesehatan,  buah sirsak juga termasuk dalam program diet karena kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Yang perlu kita garisbawahi adalah tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih, untuk menghindari efek samping pada sistem tubuh kita.

Dalam dosis besar buah sirsak bisa berbahaya, karena dapat menyebabkan muntah dan menekan sistem kardiovaskular. Hal ini juga menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim pada ibu hamil.

Jumlah asupan maupun takaran buah sirsak sampai saat ini belum ditentukan. Satu buah sirsak memiliki kandungan alkaloid dan aanonacin sebanyak 15 miligram. sehingga jumlah senyawa alkaloid jika berlebihan dapat menimbulkan  gejala yang menyerupai penyakit parkinson. Untuk itu konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan buah sirsak untuk pegobatan.


EmoticonEmoticon