-->

Cara Membersihkan Buah Dari Pestisida Dan Kotoran

tips mencuci buah

Buahneka - Sobat buahneka gemar makan buah dan sayur bukan?, saya juga senang dan menyukai keduanya. Lantas apakah anda yakin buah tersebut sudah terjamin kebersihannya?. Dan artikel cara membersihkan buah dari pestisida dan kotoran wajib untuk anda baca. Manfaat buah sangat baik untuk kesehatan, dan akan sia sia bila kita tidak menghiraukan akan kebersihan dari buah itu sendiri.

Baca Juga: Manfaat Buah Salak

Sudah bukan rahasia umum bahwa para petani menggunakan pestisida dari bahan kimia berbahaya untuk membuat tanaman bebas dari hama. Ada juga sih buah dan sayur tanpa menggunakan pestisida atau menggunakan bahan bahan non kima untuk membasmi hama. Namun harga buah dan sayur organik jelas lebih mahal daripada buah dan sayur pada umumnya.

Bahaya pestisida


Pestidisa merupakan bahan bahan berbahaya selain untuk lingkungan maka bisa juga membahayakan bila ikut masuk ke dalam tubuh kita. Bukannya manfaat kesehatan yang akan kita dapat namun penyakit baru  muncul dikemudian hari.

Selain mengandung pestisida yang berbahaya juga terdapat debu serta kotoran yang menempel pada kulit buah. Beberapa dari kita pastilah menyukai makan buah secara langsung tanpa dikupas kulitnya terlebih dahulu. Untuk itu kita harus lebih cermat untuk menjaga kebersihan buah itu sendiri.

Tips  ampuh membersihkan buah

Berikut ada cara yang biasa saya lakukan untuk membuat buah jadi bersih yaitu:

Sediakan mangkuk besar dan isilah dengan air, kemudian tambahkan cuka dengan perbandingan 1 liter air bisa ditambahkan cuka sebanyak 100 ml ( sekitar 5 sendok makan). Diamkan air dalam suhu ruangan, jangan terlalu dingin maupun panas. Masukkan semua sayur dan buah lalu rendam di dalamnya selama 10 hingga 15 menit. Setelah 10-15 menit angkat kemudian tiriskan, lalu dilanjutkan dengan membilasnya dengan air bersih.

Langkah di atas bertujuan untuk melarutkan sisa pestisida pada kulit buah dan sayur sehingga larut dalam larutan cuka. Penyemprotan pestisida biasa dilakukan pada buah buahan seperti : buah apel, stroberi, anggur, bluebery, persik dan lain lain. Sedangkan untuk sayuran biasanya : daun seledri, bayam, selada, paprika, mentimun,  tomat dan lain lain.

Sedangkan untuk jenis jamur bisa dilakukan dengan cara menyikatnya dan menyekanya saja.

Perlu untuk kita ketahui bahwa kulit buah merupakan sarang mikroba dan sisa sisa bahan kimia berbahaya. Bila tidak dicuci dengan bersih dapat membuat kuman mengkontaminasi buah, yakni melalui pisau untuk memotong buah tersebut. Sudah pasti bila berlarut larut akan menimbulkan penyakit dan mengurangi sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

Perlu membiasakan  untuk mencuci buah dan sayuran terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, dan cara membersihkan buah dan sayur agar aman dari pestisida dia atas bisa jadi solusi untuk kita semua.

Jangan lupa untuk berbagi artikel ini ya, semoga bermanfaat untuk kita dan melindungi keluarga kita dari bahaya penyakit.


EmoticonEmoticon