-->

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buahneka - Buah naga merupakan salah satu bagian dari keluarga kaktus (genus Hylocereusa). Buah naga memiliki kulit yang kasar dan berduri, berwarna merah atau merah muda. Kandungan nutrisi dari buah naga sangat bermanfaat dalam kesehatan maupun perawatan kecantikan.

Terdapat 3 varietas yakni buah naga berdaging merah, putih dan kuning. Semuanya memiliki ratusan biji yang dapat langsung dimakan. Pilihan favorit adalah buah naga merah dengan rasa lebih lezat dibanding jenis lainnya.

Kandungan Buah Naga

Buah naga umumnya ditemukan di asia (seperti taiwan, vietnam, filipina dan thailand) dan di amerika tengah dan selatan. Tiap satu buah naga rata-rata memiliki berat 150 hingga 600 gr, kulitnya yang tebal sehigga hanya 60 % saja yang bisa dimakan.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga

Berikut beberapa nutrisi yang terdapat di dalam buah naga, diantaranya:


Kalori
Buah naga adalah sumber kalori yang lezat tetapi juga mengenyangkan. Cocok untuk anda yang sedang melakukan program diet (menurunkan berat badan). Tiap 100 gr buah naga hanya mengandung 60 kalori yang terdiri atas: 18 kalori lemak tak jenuh, 8 kalori dari protein, dan 34 kalori dari karbohidrat. Selain itu buah naga tidak mengandung karbohidrat komplek sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

Lemak dan Kolesterol
Buah naga tidak mengandung kolesterol, lemak trans dan lemak jenuh, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol  anda terjaga. Biji dari buah naga bahkan mengandung lemak tak jenuh ganda ( asam omega-3 dan 6) yang mampu menurunkan trigeserida dan resiko penyakit kardiovaskular.

Serat
Memiliki serat alami sehingga bermanfaat mengurangi resiko sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan anda.

Vitamin dan Mineral
  • Vitamin C
Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah naga kaya akan vitamin dan mineral. Buah naga mengandung vitamin C sebanyak 9 mg per porsi dan mencukupi 10 % anjuran vitamin C per harinya. Vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan mempercepat penyembuhan luka dan memar. Bila dimakan secara teratur dapat membantu mengurangi resiko gangguan pernafasan kronis seperti: asma dan batuk.
  • Vitamin B
Buah naga juga mengandung vitamin B, seperti vitamin B1 untuk metabolisme karbohidrat, vitamin B2 untuk meningkatkan nafsu makan dan vitamin B3 untuk kesehatan kulit dan menurunkan kolesterol jahat.
  • Mineral
Di dalam buah naga juga terdapat mineral penting seperti kalsium ( untuk tulang dan gigi), fosfor (untuk membentuk jaringan) dan zat besi ( menambah darah). Dalam satu buah naga mengandung 8,8 gr kalsium, fosfor 36,1 mg dan zat besi 0,65 mg.

PhytoalbuminsBuah naga mengandung phytoalbumins yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan pencegahan kanker. Selain itu buah naga juga berfungsi sebagai detoksifikasi ( pengeluaran zat-zat berbahaya dari dalam tubuh)

Lycopene
Lycopene juga terdapat dalam buah naga, dan merupakan pembentuk dari warna buah naga. Namun lycopene dapat untuk mencegah kanker prostat.




EmoticonEmoticon