-->

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

manfaat buah naga

Buahneka - Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya buah naga?. Manfaat buah naga telah terbukti banyak memberikan efek yang positif untuk kesehatan kita. Buah naga merupakan buah dari sejenis tanaman kaktus yang tumbuh dengan subur di daerah tropis serta subtropis dan banyak ditemukan di kawasan asia dan amerika latin.

Memiliki kulit yang berwarna kuning atau merah dan memiliki kulit luar bersisik menyerupai seperti duri. Berwarna hijau pada ujungnya, sedangkan dagingnya ada yang berwarna putih atau merah muda dan memiliki banyak biji yang bisa dimakan. Manfaat dari buah naga juga terdapat pada kulit dan bijinya.

Baca Juga: Khasiat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Karena bentuknya yang menyerupai naga maka banyak orang yang menamakannya buah naga. Buah naga mengandung sejumlah nutrisi yang penting dan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat buah naga untuk kesehatan

    • Buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol: Kandungan kolesterol yang terdapat di dalam buah naga rendah serta tidak mengandung kolesterol jahat (LDL) yang merugikan bagi kesehatan manusia.
      • Buah naga kaya akan lemak yang baik (HDL) dan tinggi protein: Buah naga mengandung lemak tak jenuh tuggal yang menyehatkan serta biji yang terdapat di dalamnya dapat kita konsumsi karena banyak mengandung lemak baik (HDL) dan juga protein.
        • Buah naga kaya akan serat yang alami: Buah naga dapat berfungsi sebagai pembersih dalam pencernaan kita, karena serat yang terdapat dalam buah naga membantu memperlancar buang air besar serta mengurangi munculnya sembelit.
          • Buah naga merupakan sumber antioksidan alami: Seperti telah kita ketahui bahwa antioksidan berperan untuk melindungi tubuh kita dari ancaman radikal bebas yang dapat merusak kesehatan dan menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.
            • Mencegah timbulnya Arthritis: Buah naga membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan pada persendian, sehingga buah naga biasa disebut sebagai buah anti inflamasi.
              • Menjaga kesehatan jantung: Manfaat yang bisa kita dapatkan yakni mengurangi jumlah kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang sangat mematikan.
                • Sangat membantu bagi penderita diabetes: Kandungan serat yang tinggi disinyalir dapat membantu menstabilkan kadar gula di dalam darah, serta menghindari meningkatnya kadar gula darah sehabis mengkonsumsi makanan. Bagi anda yang saat ini menderita diabetes sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah naga.
                • Mencegah asma: Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi selain buah jeruk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) kita dan membantu meredakan gangguan pernafasan seperti penyakit asma.

                Khasiat buah naga untuk ibu hamil

                Makan buah selama hamil sangat baik untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat membantu asupan vitamin dan mineral. Vitamin, karbohidrat, lemak dan serat dalam buah naga berperan penting saat hamil, manfaatnya antara lain:


                1. Sumber vitamin C
                2. Sumber karbohidrat
                3. Sumber lemak
                4. Merupakan serat alami

                • Sumber Vitamin C
                Fungsi vitamin C adalah sebagai pendukung pertumbuhan gigi, gusi serta tulang bayi. Diperlukan vitamin C setidaknya 70 miligram per hari, sedangkan kandungan vitamin C buah naga dengan berat 3,6 ons memiliki kadar vitamin C sebanyak 4-25 miligram. Untuk memenuhi jumlah yang disarankan, bisa di tambah dengan makan buah jeruk.


                • Sumber karbohidrat
                Selain nasi, gandum, buah naga merupakan sumber karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama, apalagi dalam masa perkembangan janin. Tiap 100 gr buah naga mengandung 9-14 gr karbohidrat. Anjuran selama hamil yakni minimal 136 gr per harinya. 


                • Sumber lemak
                Selain sebagai sumber energi, lemak diperlukan dalam pembentukan otak bayi. Seporsi buah naga memiliki lemak sebanyak 0,1 hingga 0,6 gr. Sebagian besar lemak dalam buah naga termasuk lemak tak jenuh tunggal. Selain itu juga menambah berat badan.


                • Serat alami
                Serat berguna meningkatkan proses pencernaan makanan. Kekurangan serat selama hamil dapat menyebabkan konstipasi. Memiliki kandungan serat sebanyak 0,3 - 0,9 gr, dan jumlah yang di anjurkan saat hamil adalah 28 gr per hari.

                Buah naga kaya akan vitamin dan juga mineral.

                Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi buah naga juga mengandung vitamin B1,B2 dan B3. Serta kandungan mineral yang juga tak kalah penting bagi tubuh kita seperti zat besi, kalsium, dan juga fosfor. Dengan proporsi yang seimbang antara protein,vitamin,mineral,serat,niacin dan kandungan air sebanyak 80% . 
                Buah naga juga dikenal sebagai salah satu dari "Buah Super"
                Kemampuannya yang dapat meningkatkan kandungan gizi dalam tubuh kita sangatlah layak bila kita memasukkan buah naga dalam menu kita sehari-hari. Buah naga pun bukan merupakan buah yang sulit untuk kita temukan dan harganya pun terjangkau jadi bukan alasan untuk tidak mengkonsumsinya bukan?.

                Demikian manfaat buah naga untuk ibu hamil semoga dapat bermanfaat bagi sobat buahneka dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau share artikel ini bila bermanfaat.


                EmoticonEmoticon