-->

Manfaat Buah Pisang: Untuk Diet Dan Ibu Hamil

manfaat buah pisang

Buahneka - Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling sering di konsumsi di seluruh dunia. Memiliki warna cerah bahkan manfaat buah pisang sudah tak diragukan lagi khasiatnya. Pisang sangat bergizi dan selain itu mudah ditemukan di pasar atau super market.

Pisang memiliki kandungan nutrisi dengan komposisi hampir sebagian besar berupa gula: sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Pisang adalah pilihan tepat sebagai  sumber energi dalam meningkatkan vitalitas sebagai penunjang aktifitas kita sehari-hari.

Fakta menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas hidup di segala usia baik anak-anak,muda dan lansia. Memakan buah pisang membuat hidup kita jadi lebih sehat dan tetap segar dalam menjalani aktivitas yang kompleks, dan banyak manfaat bagi kesehatan  didapat dari makan buah pisang  setiap harinya.

Diet pisang 

Setiap diet sehat tujuan utamanya adalah penurunan berat badan sehingga baik bagi penderita diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung. Ketika kita menjalankan aturan diet dengan baik serta mengurangi  jumlah makanan tak sehat yang kita makan, berarti kita dapat mengontrol kondisi tubuh kita sendiri.

Lebih dikenal sebagai diet pisang ala jepang, diciptakan oleh sepasang suami  istri di Jepang: merupakan  ahli pengobatan Sumiko Watanabe. Sedangkan suaminya Hamachi adalah ahli pengobatan tradisional tiongkok dan sebagai konseling di Body Care Academy (jepang).

Cara diet dengan pisang


Tidak ada makanan khusus yang dibutuhkan, karena cara diet menggunakan pisang ini tidaklah mahal alias murah. Rencana diet ini juga fleksibel tanpa harus membatasi apa yang kita makan. Selain pisang dapat juga diganti dengan jenis buah lainnya.

Ada banyak variasi diet namun sebagian besar metode-nya hampir serupa. Menu sarapan adalah makan pisang dan minum air putih. Pilihlah pisang yang masak seperti pisang ambon dengan kalori cukup tinggi atau dapat menggantinya  dengan jenis buah lainnya.

Cukup hanya satu jenis buah saja sekali makan. Namun bila Anda masih lapar, tunggulah  15 sampai 30 menit dahulu lalu anda boleh makan makanan lainnya.

Saat  makan siang dan makan malam boleh untuk  makan apapun yang kita inginkan. Makan nasi atau bahan berbahan beras lebih dianjurkan.

Di waktu sore dapat diselingi dengan camilan atau permen. Hindari susu dan es krim secara berlebihan.

Apakah cara itu akan berhasil?


Apakah cara ini akan berhasil dengan makan lebih sedikit kalori di waktu pagi hari?. Tak ada hal yang dengan ajaib berhasil  dengan tidak makan setelah 8 jam. Namun tips diet ini memungkinkan kita mengurangi jumlah kalori dan resiko makan makanan tidak sehat yang memicu timbulnya penyakit. Berhenti makan ketika hampir kenyang juga dapat membantu.

Beberapa program diet fokus pada waktu istirahat. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 7 sampai 9 jam setiap malamnya cenderung mengalami penurunan berat badan. Sebaliknya ketika anda lelah dapat memicu anda untuk makan dalam jumlah yang banyak dan makanan tidak sehat lainnya.

Manfaat pisang untuk ibu hamil


Makan buah pisang saat hamil berperan dalam perkembangan janin. Nutrisi penting dalam pisang dan penting untuk ibu hamil diantaranya: potasium, vitamin B6, B12, vit C, kalsium, folat, zat besi dan kalium.

  • Secara garis besar buah pisang dengan ukuran sedang memiliki zat potasium sebanyak 400 mg, dalam sehari setidaknya membutuhkan sekitar 4700 mg. Selain pisang sumber potasium lainnya adalah buah alpukat.
  • Vitamin B6 memiliki bermanfaat untuk saraf dan pembentukan sel-sel darah merah. Dalam kehamilan kebutuhan vitamin B6 antara 1,3 mg sampai 1,9 mg setiap hrinya, dan dengan makan 2 buah pisang tiap hari cukup mememnuihi kebutuhan tersebut.
  • Vitamin B12 juga berperan dalam fungsi saraf. Tambahan vitamin c dalam kehamilan membantu menjaga kulit, gusi dan jaringan yang penting lainnya.
  • Kalsium dibutuhkan dalam membentuk tulang kuat dan pertumbuhan otot serta saraf.
  • Zat besi membantu ibu hamil dalam memperbaiki nafsu makan saat hamil muda dan membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.Pasokan oksigen berguna melancarkan nutrisi ke bayi melalui plasenta.
  • Folat yang terdapat dalam pisang membantu mencegah kelainan pada bayi yang berakibat bayi lahir cacat.


Jadi kesimpulannya buah pisang benar-benar bermanfaat ketika hamil, dengan berbagai nutrisi yang penting bukan hanya untuk anda tetapi juga untuk bayi. Selain itu pisang merupakan sumber energi untuk menjalani aktifitas anda selama masa kehamilan.

Manfaat buah pisang bagi pria


  • Vitamin B dalam buah pisang berfungsi dalam meningkatkan  energi serta membantu menurunkan stres. Kandungan seperti tryptophan,asam amino digunakan untuk memproduksi hormon serotonin.
  • Pisang kaya akan kalium untuk memproduksi hormon seks dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu pisang mengandung enzim yang dikenal dengan bromelain dengan fungsi meningkatkan aliran darah dan libido(meningkatkan hasrat seksual).
  • Karbohidrat merupakan bahan bakar otot saat berolah raga. Manfaat makan pisang sebelum berolah raga akan meningkatkan glukosa sehingga akan menghasilkan energi menuju otot yang di gunakan untuk mengangkat beban saat latihan fitnes atau olah raga lainnya.
  • Konsumsi pisang setelah latihan juga bermanfaat untuk menyusun ulang kembali glikogen otot yang merupakan sumber utama dari otot. Sedangkan kalium membantu perubahan gula darah menjadi glikogen.

Hipertensi dan serangan jantung 


Pisang memiliki dampak positif terhadap hipertensi (tekanan darah tinggi), seperti kita tahu hipertensi merupakan indikator dari penyakit jantung. Penyakit jantung dan hipertensi merupakan 10 penyakit  pembunuh terbesar di indonesia.

karenanya langkah-langkah sedini mungkin harus dilakukan untuk mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara mengurangi tekanan darah.

Maka dari itu buah pisang memiliki peranan dalam menurunkan hipertensi tersebut. Potasium  yang  terdapat dalam buah pisang benar-benar bermanfaat dalam mencegah tekanan darang tinggi.

Menurut  asosiasi jantung amerika menunjukkan bahwa buah pisang merupakan buah dengan kandungan potasium tinggi yang terbukti mampu menurunkan resiko stroke dan tekanan darah.

Penyakit Ginjal


Ginjal merupakan bagian vital dalam tubuh peranannya mensuplai aliran darah tubuh kita. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman alkohol, obesitas mempengaruhi kesehatan ginjal.

Buah-buahan terbukti dapat melindungi dari penyakit ginjal salah satunya adalah buah pisang. Hal ini karena tingginya senyawa fenolik antioksidan yang terdapat di dalam pisang membantu proses detoksifikasi pada ginjal.

Konsumsi buah-buahan seperti pisang merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Diketahui juga bahwa wanita yang mengkonsumsi sayuran dan buah tiap harinya selama 13 tahun. Mampu mengurangi resiko terkena kanker ginjal hingga 40% dibadingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi sayuran dan buah.

Sakit lambung


Mengapa para atlet pelari marathon lebih mengutamakan makan buah pisang?.Karena mudah di cerna dan tidak mengganggu pencernaan di dalam perut, dan cocok untuk anda yang sedang mangalami sakit lambung maupun maag. Senyawa pektin di dalamnya membantu memperlancar buang air besar.

Diabetes


Bila anda penderita diabetes apakah boleh makan pisang?. Menurut asosiasi diabetes amerika anda jangan khawatir anda masih dapat menikmati buah pisang meski sedang mengidap diabetes tipe 2.

Pisang juga mengandung karbohidrat sehingga anda tetap harus mengatur seberapa banyak pisang yang boleh dimakan tiap harinya.


Insomnia (susah tidur)


Pisang mengandung asam amino atau biasa disebut dengan tryptophan. Senyawa ini dapat memicu tubuh memproduksi melatonin(hormon tidur) berfungsi membuat anda cepat tertidur dengan nyenyak di malam hari.

Mengurangi resiko terkena stroke


Sebuah studi mengatakan bahwa makan pisang dalam menu diet anda dapat membantu mengurangi resiko penyakit stroke karena adanya kadar kalium tinggi di dalam pisang.

Khasiat buah pisang lainnya

1. Membantu bernafas bagi anda yang terkena asma.
2. Meningkatkan fungsi saraf dan kekuatan otak.
3. Pisang berkontribusi dalam menangkal kanker.
4. Mencegah dehidrasi.
5. Pisang dapat membantu pembentukan tulang yang kuat. dan mencegah artrithis dan osteoporosis.

Demikian artikel mengenai manfaat dari buah pisang terhadap berbagai penyakit berbahaya dan pengaruhnya terhadap program diet yang anda jalani. Kesimpulan-nya buah-buahan khususnya pisang membantu kita menjaga kesehatan dan mengontrol kondisi tubuh kita. Jangan lupa share dan berbagi pengalaman anda mengenai buah pisang di kolom komentar.


EmoticonEmoticon