-->

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Diet dan Ibu Hamil

manfaat buah salak

Buahneka - Buah yang satu ini memiliki kulit mirip dengan kulit ular, bertekstur keras dan tajam, inilah mengapa buah salak disebut juga sebagai snake fruit dalam bahasa Inggris. Kita sebagai warga indonesia pastilah sangat mudah untuk menemukan buah ini sehari-hari. Yang paling sering kita jumpai adalah jenis salak pondoh yang hampir selalu kita temukan saat musim salak tiba. Namun, sudah tahukah Anda akan manfaat dari makan buah salak?

Manfaat buah salak untuk kesehatan


1. Obat alami untuk diare

Salak kaya akan tanin, merupakan senyawa polifenol yang berfungsi melawan bakteri, khususnya bakteri penyebab diare. Jika Anda mengalami diare, janganlah ragu untuk menikmati buah salak ini.

2. Kinerja otak jadi meningkat

Manfaat buah salak juga mengandung senyawa kalium yang dibutuhkan oleh sistem saraf dalam meningkatkan kinerja otak. Jika otak bekerja dengan baik, maka otomatis seluruh organ tubuh lainnya juga akan berfungsi dengan baik pula.

3. Menyehatkan mata

Jika Anda tidak suka dengan wortel, salak bisa jadi salah satu alternatif dalam membantu meningkatkan kesehatan mata, karena kandungan vitamin A pada salak cukup tinggi, bahkan bisa disetarakan dengan karotenoid yang dapat ditemukan pada buah tomat dan wortel.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan gizi seperti betakaroten, tanin, mineral dan serat dalam buah salak dapat membantu memperlancar sistem pencernaan kita. Selain itu, salak juga membantu memenuhi kebutuhan terhadap protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, dan juga vitamin C.

5. Membantu Anda yang ingin diet

Khasiat dari buah salak juga berperan dalam program diet yang sedang Anda lakukan, ini dikarenakan salak memiliki fitonutrien yang mana berguna dalam diet. Serat di dalam buah salak membantu perut tetap kenyang karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap oleh usus.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam upaya tubuh memerangi radikal bebas perlu adanya zat antioksidan yang cukup setiap harinya. Tidak salah jika salak jadi pilihan Anda, terutama karena kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai zat antioksidan.

7. Mencegah kangker

Sekali lagi keuntungan makan buah salak adalah dalam upaya mencegah penyakit yang paling berbahaya yakni kangker. Rahasia-nya adalah terletak pada kulit ari buah salak, selaput tipis ini dinilai berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Mulai saat ini jika Anda mengkonsumsi salak jangan kupas kulit ari pada buah salak ya?.

8. Mencegah munculnya sembelit

Jika dulu Anda mendengar bahwasanya salak justru menyebabkan sulit BAB, perlu Anda telusuri kembali. Sebenarnya adalah salak memiliki zat anti diare yang juga sekaligus sebagai pencegah sembelit.

9. Bermanfaat untuk ibu hamil

Semua ibu hamil pasti mengalami yang dinamakan morning sickness, hal ini terjadi di awal masa kehamilan. Mual dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari dan hal itu dpat di atasi dengan makan buah salak. Tetapi satu hal yang harus diingat yakni saat hamil jangan terlalu banyak makan buah salak, karena ibu hamil tentu harus diimbangi juga dengan makanan sehat yang lain.

Manfaat buah salak untuk kecantikan


10. Membuat kulit lebih sehat

Vitamin C diduga memberikan pengaruh yang baik untuk memelihara kesehatan kulit. Fungsinya yakni selain antioksidan juga berperan membuat kulit jadi lebih segar dan mencegah penuaan dini.

Bagaimana masih ragu jika buah salak juga tak kalah pentingnya bagi kesehatan dan juga kecantikan?. Semoga artikel tentang manfaat buah salak untuk kesehatan ini berguna untuk Anda pembaca setia.



EmoticonEmoticon