-->

Fakta Menarik Tentang Buah Kiwi

buah kiwi emas dan hijau



Buahneka - Buah kiwi awalnya bernama Gosberi cina namun pada tahun 1950 diberi nama kiwi (Burung yang tidak terbiasa terbang karena bersayap kecil di selandia baru). Buah kiwi terbagi dalam 2 jenis yakni kiwi hijau dan kiwi emas, tekstur buah kiwi sangat halus dan memiliki rasa yang unik.

Kiwi emas sebenarnya lebih manis dan lebih aromatik dalam hal rasa. Meskipun buah kiwi aslinya berasal dari shaanxi, China selama berabad-abad yang lalu, namun sampai di Amerika Utara sekitar 60 tahun yang lalu.

Baca Juga : Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Mereka pertama kali diperkenalkan ke AS pada tahun 1962 dan populer dengan sangat cepat. Meskipun buah kiwi dapat tumbuh di iklim apapun, sebagian besar buah kiwi tumbuh subur di Italia, Selandia Baru dan Chile.

Bagaimana cara menggunakan:


Jika buah kiwi mentah jangan kuatir karena dapat dimatangkan dengan menyimpannya pada suhu kamar jauh dari sinar matahari.
Proses pematangan ini dapat dipercepat dengan menempatkannya dalam kantong kertas bersama dengan pisang, apel atau buah pir.

Setelah buah kiwi matang segera jauhkan dari buah lainnya (meskipun di dalam kulkas) karena buah kiwi sangat sensitif terhadap gas etilen yang dilepaskan oleh buah-buah lainnya dan itu akan membuat buah kiwi semakin bertambah matang.

Enzim actinidain dalam buah kiwi mentah membuatnya tidak cocok sebagai makanan penutup dan hidangan lainnya.

Perhatian:


Buah kiwi mengandung oksalat yakni zat alami yang banyak terdapat pada tanaman dan hewan. Ketika oksalat menjadi terlalu terkonsentrasi di cairan tubuh, mereka dapat mengkristal dan menyebabkan masalah pada kesehatan. Orang-orang dengan ginjal atau masalah pada kantung empedu sebisa mungkin menghindari makan buah kiwi.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Kiwi juga mengandung zat enzim yang terkait dengan sindrom alergi lateks buah. Jika Anda memiliki alergi lateks, Anda mungkin alergi terhadap kiwi juga. Sejak proses pematangan buah kiwi dengan menggunakan gas etilen sehingga meningkatkan enzim alergi. Namun buah kiwi organik tanpa melalui gas kandungan enzimnya lebih sedikit, memasak juga menonaktifkan enzim.




EmoticonEmoticon