-->

Manfaat Buah Semangka Untuk Perawatan Kulit


manfaat buah semangka untuk perawatan kulit

Buahneka - Semangka biasa di makan saat kita haus. Dengan begitu banyaknya manfaat buah semangka sehingga dianggap sebagai salah satu buah favorit bagi banyak orang. Semangka digunakan dalam berbagai bentuk seperti jus segar, smoothies, serta acar tergantung selera Anda. Buah yang kaya akan lemak dan protein itu banyak dianggap sebagai camilan favorit.

Baca juga: Manfaat buah pisang

Konsumsi beberapa porsi semangka per hari dapat membantu mengatasi penyakit seperti asma, aterosklerosis, diabetes, kanker usus besar dan arthritis. semangka memiliki antioksidan dalam membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh.

Beberapa manfaat buah semangka sebagai perawatan kulit

  1. Sebagai toner
  2. Sebagai eksofiliasi
  3. Bagus buat kulit kering
  4. Cocok untuk kulit yang berminyak

1. Semangka sebagai toner

Anda akan membutuhkan

  • 1 cangkir potongan semangka
  • 2 sdm. witch hazel (sejenis tanaman herbal)
  • 2 sdm. air.


Persiapan: Campurkan potongan semangka dalam blender kemudian disaring. Tambahkan witch hazel dan air dalam jus kemudian dicampur. Oleskan jus ini pada wajah menggunakan kapas. campuran ini kaya akan gula dan vitamin seperti A dan B. Sifat-sifat astringent yang kuat dan kadar air membuat wajah jadi segar dan bersih.

2. Bekerja sebagai eksfoliasi

Haluskan semangka dan kemudian oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas. Ini adalah proses facelift alami yang membantu dalam pembersihan dan pengencangan kulit.

3. Untuk kulit kering

Haluskan beberapa potong semangka lalu campur dengan pisang. Pisang disini bertindak seperti pengikat dan meningkatkan efek dari semangka.

4. Untuk kulit berminyak

Yogurt dan semangka adalah kombinasi yang bagus untuk kulit berminyak. Dengan mencampurkan kedua bahan tadi dan oleskan pada wajah Anda, itu membantu dalam proses pengelupasan kulit. Asam laktat dalam yoghurt memberikan efek yang baik bagi kulit anda.

Peringatan: Hentikan segera jika Anda mengalami alergi terhadap salah satu bahan di atas.

Semangka juga sangat berguna untuk menghilangkan noda pada kulit. Kaya A, B dan C vitamin membuat kulit jadi segar, berseri dan terhidrasi. Asam dalam buah semangka berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Minyak dari biji semangka juga bermanfaat bagi tubuh Anda. Kehadiran asam lemak esensial omega 6 dan omega 9 sangat berguna untuk kulit. Minyak ini memiliki tingkat penyerapan yang sangat baik dan mudah menembus kulit dan melarutkan penumpukan sebum ( lapisan lemak pada permukaan kulit).

Ini membuktikan bahwa manfaat buah semangka baik untuk perawatan kulit, karena sifat pelembabnya. Selain itu juga membantu untuk menghaluskan kulit Anda dengan memperbaiki elastisitas kulit. Hal ini banyak digunakan sebagai minyak pijat, minyak bayi, perawatan wajah, krim wajah, scrub mandi serta minyak rambut.



EmoticonEmoticon