-->

13 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

manfaat buah kiwi

Buahneka - Banyak orang-orang tertarik untuk makan buah kiwi karena warna hijau yang menarik dan rasanya yang eksotis. Tapi apakah anda tahu manfaat buah kiwi bagi kesehatan? jika belum berikut adalah khasiat buah kiwi yang bisa anda dapatkan.

Khasiat  buah kiwi untuk kesehatan

  1. Membantu pencernaan
  2. Menjaga tekanan darah
  3. Mencegah kerusakan DNA
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Menurunkan berat badan
  6. Menjaga pencernaan
  7. Membersihkan racun dalam tubuh
  8. Mencegah penyakit jantung
  9. Baik bagi penderita diabetes
  10. Mencegah degenerasi makula
  11. Menyeimbangkan asam basa dalam tubuh
  12. Bagus untuk kulit
  13. Salah satu makanan organik

1. Membantu pencernaan dengan enzim

Buah kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan seperti papain dalam pepaya atau bromelain pada nanas.

2. Membantu menjaga tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi pada buah kiwi membantu menjaga keseimbangan elektrolit dengan menangkal efek buruk natrium.

3. Mencegah kerusakan DNA

Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam buah kiwi membantu melindungi sel-sel DNA dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan bahwa khasiat buah kiwi dapat membantu mencegah kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada buah kiwi bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Rendahnya indeks glikemik buah Kiwi dan kandungan seratnya yang tinggi sehingga tidak akan meningkatkan kadar insulin seperti pada buah lainnya yang memiliki kandungan gula tinggi. sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak dalam tubuh.

6. Menjaga pencernaan

Kiwi merupakan sumber serat. Hal ini berguna untuk mencegah sembelit dan masalah usus lainnya.

7. Membersihkan racun dalam tubuh

Serat dalam buah kiwi membantu mengikat dan mengeluarkan racun dari dalam usus.

8. Mencegah penyakit jantung

Makan 2-3 kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18 persen dan mengurangi trigliserida sebesar 15 persen. Banyak orang menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tapi cara ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan pada usus. Khasiat Buah kiwi juga sebagai anti-pembekuan namun tanpa efek samping.

9. Makanan bagi penderita diabetes

Kiwi termasuk makanan rendah gula dalam kategori indeks glikemik yang berarti tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Memiliki indeks glikemik 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.

10. Mencegah degenerasi makula dan masalah penglihatan lainnya

Degenerasi makula adalah penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang dewasa. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 atau lebih porsi buah per hari menurunkan degenerasi makula sebesar 36 persen. Hal ini diduga berkaitan dengan lutein dan zeaxanthin yang tinggi pada buah kiwi. Keduanya adalah bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia.

11. Menyeimbangkan tingkat asam basa dalam tubuh

Kiwi adalah buah 'paling alkali' untuk kategori buah-buahan, yang berarti memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan makanan. Beberapa manfaat dari benar asam / basa seimbang tubuh adalah: kulit lebih muda, tidur lebih nyenyak, berenergi, jarang pilek, mencegah arthritis dan mengurangi osteoporosis.

12. Bermanfaat untuk Kulit

Kiwi merupakan sumber vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk melindungi kulit dari degenerasi.

13. Makanan organik

Buah kiwi adalah pada daftar makanan yang umumnya aman dari banyak residu pestisida. Untuk tahun 2016 merupakan salah satu dari 10 makanan paling aman.

Demikian manfaat buah kiwi yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsinya tiap hari, sehingga membuat tubuh kita tetap sehat dan sekaligus terhindar dari berbagai penyakit.


EmoticonEmoticon