-->

15 Manfaat buah Apel untuk kesehatan

manfaat buah apel


Buahneka - Pada tahun 2004, para ilmuwan USDA menyelidiki lebih dari 100 jenis makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan per porsi. Apel ternyata memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat . Antioksidan adalah senyawa aktif untuk melawan penyakit.

Para ilmuwan yakin senyawa ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang terjadi selama aktivitas sel. Apel juga kaya akan pektin dan mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat yang mudah larut, difermentasi.

Berikut beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan, diantaranya.


1. Membuat gigi sehat dan lebih putih
Bukan berarti buah apel berfungsi sebagai pengganti sikat gigi, tetapi menggigit dan mengunyah apel dapat merangsang produksi air liur dalam mulut Anda, sehingga mengurangi kerusakan gigi dengan cara menurunkan jumlah bakteri.

2. Mencegah Alzheimer
Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel bisa mencegah Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak . Tikus dalam penelitian diberi makan buah apel dan menunjukkan peningkatan neurotransmitter asetilkolin dan melakukan tes labirin lebih baik dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan apel.

3. Mencegah penyakit Parkinson
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson (penyakit yang ditandai dengan gangguan sel-sel saraf yang memproduksi dopamin otak). Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan anti radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya.

4. Mencegah segala macam jenis kanker
Para ilmuwan setuju bahwa konsumsi apel yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 %. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi bahwa apel memiliki zat anti-pertumbuhan sel-sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari seluruh buah apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Menurunkan risiko diabetes
Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari adalah 28 persen lebih rendah mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan buah apel.

6. Mengurangi Kolesterol
Serat yang mudah larut dalam apel mampu mengikat lemak di usus, yang berarti mampu menurunkan kadar kolesterol.

7. Menjaga jantung sehat
Penelitian telah mengaitkan bahwa asupan serat tinggi dapat mengurangi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah. Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem peredaran darah dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak mengendap di dalam arteri dapat menghambat aliran darah menuju ke jantung Anda, yang mengarah terjadinya penyakit jantung koroner.

8. Mencegah terbentuknya batu empedu
Batu empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga membuat empedu mengeras. Untuk mencegah terbentuknya batu empedu, dokter menyarankan makan makanan berserat tinggi untuk membantu mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol.

9. Mencegah diare dan sembelit
Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi diare. Serat dapat menarik air keluar dari usus dan menyerap kelebihan air dari tinja.

10. Menetralkan sindrom iritasi pada usus besar
Irritable bowel syndrome ditandai dengan sembelit , diare, dan sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan menghindari makanan dari susu dan makanan berlemak, sementara itu lebih menganjurkan asupan kaya akan serat.

11. Mencegah wasir
Wasir disebabkan oleh karena terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mencegah Anda dari mengejan terlalu banyak ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

12. Mengontrol berat badan
Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2. Untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya akan serat. Makanan tinggi serat dapat mengenyangkan tanpa terlalu banyak kalori.

13. Detoksifikasi hati
Kita terus-menerus mengkonsumsi racun, apakah itu dari minuman atau makanan, dan hati bertugas untuk membersihkan racun-racun di dalam tubuh kita. Dengan makan buah apel diyakini mampu mendetoksifikasi hati terhadap racun di dalam tubuh.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama ketika Anda stres.

15. Mencegah katarak
Orang yang memiliki pola makan kaya buah-buahan dan mengandung antioksidan seperti apel sebanyak 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami katarak .

Itulah berbagai manfaat buah apel untuk kesehatan dan pastinya dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan tentunya membuat buah apel sebagai asupan bergizi dan menyehatkan.


EmoticonEmoticon